Cool Blue Outer Glow Pointer 

Pages

Friday 26 February 2016

5 Tips Cerdas dalam Memilih Operator Seluler

5 Tips Cerdas dalam Memilih Operator Seluler
Sepertinya sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa di negara tercinta kita ini, operator selular yang banyak tersebut saling berlomba-lomba untuk merebut hati pelanggan dengan berbagai cara. Dari sekian banyak paket talk time, paket internet, hingga paket kuota aplikasi messaging, setiap operator punya cara mereka sendiri untuk meramu kombinasi apa sih yang kemungkinan akan disukai oleh user namun tetap menguntungkan bagi mereka.
Melihat fenomena tersebut, melalui artikel berikut ini kami ingin memberikan tips untuk kamu bagaimana cara memilih operator selular yang tepat, sehingga kamu gak akan lagi tertipu dengan rayuan-rayuan maut dari mereka.

1. Kualitas Jaringan Berdasarkan Tempat Tinggal

tips-memilih-operator-1Jangan pernah tertipu dengan peta coverage yang sering digembar-gemborkan oleh penyedia jasa jaringan selular. Selalu ingat bahwa kualitas jaringan yang kamu butuhkan ialah bukan dari seberapa luas cakupan wilayah yang bisa ia cover, melainkan seberapa bagus kualitas jaringan tersebut d tempat kamu tinggal dan beraktivitas. Apa enaknya jika sebuah operator punya cakupan yang besar, namun dengan kualitas yang buruk?

2. 3G Masih Menjadi Primadona

tips-memilih-operator-24G, 4G everywhere! Semenjak teknologi jaringan ini mulai menjadi tren di Indonesia, sepertinya setiap operator mulai berlomba-lomba untuk mempromosikan paket internet super cepat itu. Akan tetapi, sudah banyak orang yang tahu bahwa teknologi 4G, bahkan secara rata-rata di seluruh dunia, belum berhasil menyebar merata ke semua wilayah. memang sah-sah saja untuk menggunakan paket data berbasis 4G, akan tetapi kamu juga harus mempertimbangkan secara matang kualitas jaringan data di bawahnya, yaitu 3G. Jika kamu tidak mendapatkan sinyal 4G, tentu 3G selalu hadir sebagai backup.

3. Pikir Berulang Kali Mengenai Paket Data yang Tepat

tips-memilih-operator-3Selalu tanya kepada diri sendiri, - "apakah saya memang membutuhkan paket data tersebut?"; "Apakah paket data ini cukup untuk aktivitas saya sehari-hari?" -Nominal paket internet yang disediakan oleh operator harus kita cermati bersama, karena kini masih banyak orang yang membeli paket internet dengan kuota yang lebih besar dibandingkan dengan keperluannya sehari-hari. Sebagai informasi, rata-rata masyarakat di wilayah Asia Pasifik hanya menghabiskan kuota 1GB.

4. Roaming?

tips-memilih-operator-4Poin ini memang bukan menjadi poin krusial jika kamu hanya menghabiskan waktu berada di dalam negeri. Akan tetapi, bagi sebagian orang yang acap kali melakukan perjalanan bolak-balik dari Indonesia ke luar negeri, pasti menemukan kendala untuk menggunakan operator lokal di sana. Maka dari itu, menentukan operator dengan paket yang bersahabat juga merupakan sebuah keharusan dalam bepergian.

5. Bersiap-Siap Untuk Menyambut Teknologi MVNO

tips-memilih-operator-5Pihak dari OpenSignal mengatakan bahwa teknologi bernama MVNO atau Mobile Virtual Network Operatormenjadi salah satu teknologi yang sangat menjanjikan di masa depan. Meskipun memang belum sempat untuk diterapkan di Indonesia, namun MVNO seharusnya dapat memberikan layanan yang lebih kompetitif bagi pengguna. Teknologi ini tidak menggunakan jaringan fisik sebagai andalan mereka, namun operator MVNO membeli paket suara dan data dari operator lainnya yang lebih besar. Mereka lalu menjual kembali paket tersebut dalam paket yang lebih kecil dan lebih beragam.
Itu dia 5 poin yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih operator selular.
Sumber : Jalantikus.com

0 comments:

Post a Comment